Jumat, 26 Oktober 2012

Laptop General Layout motherboard power


Laptop General Layout motherboard power

General Layout motherboard power adalah panduan umum standard pengecekan mptherboard mati total.struktur layout ini menjelaskan poin poin penting yang dilalui oleh power dan komponen yang berperan penting dalam mengkontribusikan power kesemua komponen dan device yang membutuhkannya.

Struktur ini adalah panduan pencarian power yang hilang atau kemponen utama yang yang tidak berfungsi dengan baik..(catatan sebelum melakukan pengukuran pada general truktur"PENGUKURAN POWER PADA IC BIOS ADALAH PROSEDURE YANG PERTAMA"
Baca materi ilustrasi gambar bios power managemen.(bios memiliki switch power management)yang menghentikan interface power jika ic bios rusak atau file corrupt walaupun semua input output power dan komponen dalam keadaan baik.
https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.258238404230375&type=1
Langkah awal adalah dengan memberikan kontribusi dc pada power jack (19v-18,5v-16v-15v-12v::tergantung adapter vol in).
Perhatikan led adapter jika bekedip2 atau ukur vol_in pada +jack jika jarum multimeter meloncat naik turun berarti ada komponen yang short pada mobo (lihat panduan membaca schema mencari komponen short).
https://www.facebook.com/groups/onlinetechnician/doc/256160861104796/
jika adapter led normal atau tegangan ditemukan stabil pada jack + maka kita dapat melakukan pencarian power yang hilang atau komponen yang rusak.
berdasarkan general layout vol_in akan terhubung ke fet pembagi atau sebagian mobo melalui dioda searah dan resisture fuse sebelum menuju fet pembagi untuk pertahananan...mintalah/download/miliki skema mobo yang bersangkutan untuk melihat arah konduktor/jalur yang akan dilalui mobo yang bersangkutan.

jika fet pembagi memiliki suplay tegangan teruskan pencarian ke power integrated circuit(lihat pu dan lokasi pada skema)ketahui titik kaki vol_in untuk memastikan distribusi power masuk dan ketahui titik kaki vol_out untuk memastikan pu dalam kondisi baik.

Tidak ada komentar: